Pages

Jumat, 11 Januari 2013

SEJARAH


SEJARAH

Ringkasan Materi
1.      Zaman Pra Aksara
Apa zaman Pra Aksara itu? Zaman pra aksara adalah zaman sebelum manusia mengenal tulisan. Zaman ini disebut juga dengan zaman Nirleka,yang berarti zaman ketika tulisan belum diketemukan. Sejarah meninggalkan bukti-bukti tertulis,sedangkanPra Aksara tidak meninggalkan bukti-bukti tertulis. Para ahli membaginya menjadi 4 babak perkembangan bumi,yaitu Azoikum,Paleozoikum,Mesozoikum,Neozoikum.
1.      Azoikum ( Zaman tertua )
Zaman ini berlangsung kurang lebih 2500 juta tahun yang lalu.Bumi masih merupakan bola gas sangat panas yang berputar pasda porosnya.
2.      Zaman Paleozoikum ( Zaman kehidupan tua )
       Berlangsung kurang lebih 340juta tahun. Pada zaman ini mulai ada tanda-tanda kehidupan. Seperti makhluk bersel satu,makhluk kecil yang tidak bertulang punggung,jenis ikan & jenis ganggang atau rumput-rumputan. Zaman ini disebut juga zaman Primer ( zaman pertama ).
3.      Zaman Mesozoikum ( zaman kehidupan pertengahan )
       Terjadi sekitar 65-200 juta tahun lalu. Saat ini mulai muncul pohon-pohon besar dan hewan yang hidup didarat. Iklim semakin membaik,curah hujan semakin berkurang. Beberapa hewan amphibi tumbuh menjadi besar,bentuknya berubah,sisiknya menjadi besar-besar,telurnya keras,mereka bertelur didarat. Itulah hewan reptil pertama,reptil yang besar diantaranya Dinosaurus,Brontosaurus,Tyrannosaurus. Zaman ini disebut zaman Sekunder ( zaman kedua )
4.      Zaman Neozoikum   
       Zaman ini dibagi menjadi 2 zaman,yaitu Tersier & Kwarter.
a.      Zaman Tersier ( zaman ketiga )          
1.      Ciri-ciri ZamanTersier :
2.      Jenisreptil berkurang
3.      Jenis kera mulai berkembang
4.      Jenis binatang menyusui berkembang lebih sempurna
5.      Telah muncul jenis kera-manusia   
            Zaman ini dibagi menjadi beberapa massa,yaitu Paleosen,Eosen,Oligesen,Miosen,dan Pliosen.
b.      Zaman Kwarter ( zaman keempat )  
Zaman ini dibagi menjadi 2 kala,yaitu Kala Pleistosen & Holosen.       

1.      Kala Pleistosen  ( Divillium )       
     Kala ini sangat penting karena muncul manusia purba. Keadaan alam pada massa ini masih liar & labil karena silih bergantinya 2 zaman,yaitu Glasial & Interglasial.
a.      Zaman Glasial      
Zaman Glasial adalah zaman meluasnya lapisan es di Kutub Utara sehingga Amerika & Eropa bagian utara tertutup es. Sedangkan yang jauh dari Kutub terjadi hujan lebat selama bertahun-tahun. Permukaan air laut turun disertai dengannaiknyapermukaan bumi diberbagai tempat.
b.      Zaman Interglasial     
Zaman Interglasial adalah zaman-zaman diantara 2 zaman es. Temperatur naik sehingga lapisan es di Kutub Utara mencair,akibatnya permukaan air laut naik dan terjadi banjir besar diberbagai tempat. Hal ini menyebabkan banyak daratan terpisah oleh laut & selat.
2.       Kala Holosen                
Sebagian es di Kutub Utara sudah lenyap,tanah-tanah rendah di Paparan Sunda dan Paparan Sahul tergenang  air dan menjadi laut Transgesi. Dengan demikian munculnya pulau di Nusantara. Manusia purba lenyap,kemudian muncul manusia cerdas seperti sekarang ( Homo Sapiens ).                                                                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar