1.
Standar Kompetensi :
1. Memahami penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi
dan prospeknya di masa mendatang.
Kompetensi Dasar : 1.1.
Mengidentifikasi
berbagai peralatan teknologi informasi dan
Komunikasi
Kelas / Semester :
VII
/ Gasal
RANGKUMAN MATERI :
A. Pengertian Teknologi Informasi :
Menurut
para ahli teknologi informasi ( Information Technologi = IT ) atau Infotech
dapat di
definisikan sebagai
berikut :
1. Menurut Haag dan Keen ( 1996 )
Teknologi
Informasi adalah seperangkat alat yang membantu kita bekerja dengan informasi
dan melakukan tugas – tugas yang berhubungan dengan pemresan informasi.
2. Menurut martin ( 1999 )
Teknologi
informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer ( perangkat keras dan
lunak ) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga
mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim informasi.
3. Menurut Williams dan Sawyer ( 2003 )
Teknologi
Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi ( komputer ) dengan
jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
Kesimpulan :
Teknologi
informasi tidak sekedar berupa berupa teknologi komputer, tetapi mencakup
teknologi
komunikasi
Pengelompokan Teknologi Informasi :
1. Teknologi masukan :
Yaitu
teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukan data ke dalam
komputer.
Contoh
Keyboard dan Mouse
2. Teknologi Pemroses :
Yaitu mesin
pemroses lebih dikenal dengan sebutan CPU ( Central Prosessing Unit ),
Mikroprosesor atau prosesor.
3. Teknologi penyimpanan :
a.
Memori Internal : berfungsi sebagai pengingat sementara
baik bagi data, progam, maupun informasi ketika proses pengolahannya
dilaksanakan oleh CPU.
b.
Penyimpanan eksternal ( penyimpanan sekunder ) :
Segala piranti
yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen
contoh : Hardis, Disket.
4. Teknologi keluaran :
Yaaitu
teknologi yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi untuk
menyajikan informasi hasil pengolahan
sistem.
Contoh : Layar
/ monitor, dan printer
5,
Teknologi perangkat lunak :
Yaitu deretan instruksi yang
digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer
dapat melakukan tindakan sesuai yang
dikehendaki pembuatanya.
Contoh : Microsolf Word merupakan
perangkat lunak pengolah kata.
Peralatan Teknologi Informasi antara lain sebagai berikut :
1. Komputer :
yaitu alat
untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan.
2. Faksimilli ( Fax. ) :
yaitu alat
untuk mengirim atau menerima informasi melalui telefoto dengan sistim
reproduksi fotografi.
3. Radio :
yaitu alat
penerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan media gelombang
elektromagnetik.
2.
4. Televisi :
Yaitu alat
penerima informasi berupa gambar dan suara yang dapat menerima transmisi gambar
dan suara secara langsung.
5. Internet ( Interconnected Network ) :
Yaitu jaringan
komputer yang saling mentransfer data menggunakan Internet Protocol (IP)
B. Pengertian Teknologi Komunikasi ( Teknologi Telekomunikasi )
Yaitu teknologi
yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh .
Yang termasuk dalam katagori teknologi ini
adalah telepon, radio dan televisi
Peralatan
Teknologi Komunikasi anatara lain sebagai berikut :
1. Satelit :
Misalnya
satelit televisi menerima sinyal dari stasiun televisi kemudian sinyal
dipancarkan ke bumi dalam jangkauan yang luas. Sinyal ini diterima dan diubah
oleh televisi menjadi gambar dan suara.
Contoh :
Satelit telekomunikasi untuk menerima dan memancarkan sinyal telepon atau hand
phone.
2. Modem ( Modulasi Demodulasi ) :
Yaitu
perangkat hardware yang dipasangkan pada komputer dan berfungsi untuk mengubah
sinyal digital komputer menjadi sinyal analog atau sebaliknyasehingga informasi
dapat dialirkan, biasanya saluran telepon .
3. Telepon :
Yaitu alat
telekomunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima suara secara langsung
dari jarak jauh menggunakan jaringan telepon.
4. Hand Phone ( HP ) :
Yaitu alat telekomunikasi
yang memiliki kemampuan mengirim dan menerima suara secara langsung.
C. Komputer :
1. Arti kata komputer :
Istilah komputer
berasal dari kata “ to compute “
dalam bahasa Inggris atau “ computare
“ dalam bahasa Latin yang memiliki arti “ menghitung
“ karena komputer pertama diciptakan hanya sebagai mesin penghitung.
2. Pengertian Komputer :
Menurut para ahli
definisi komputer dibuat berbeda-beda sesuai dengan lingkupnya :
1. Menurut Buku Computer Today :
Komputer adalah
suatu sistim elektronik untuk memanupulasi data secara cepat dan tepat serta
dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis dapat menerima dan
menyimpan data input memproses data tersebut dan menghasilkan output
berdasarkan langkah-langkah perintah pada progam yang tersimpan di memori.
2. Menurut Hamacher W. :
Komputer
adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi
input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan progam yang tersimpan di
memori dan menghasilkan output berupa informasi.
3. Menurut Fuori :
Komputer
adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan dalam skala besar
secara cepat termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur
tangan dari manusia.
3. Penggolongan Komputer :
A. Jenis komputer berdasarkan prosesornya dan ukuran kemampuannya :
a. Mainframe :
adalah
komputer yang prosesornya mempunyai kemampuan sangat besar, sehingga menangani ribuan pengguna dalam waktu
yang bersamaan dan setiap pemakai dapat menggunakan progam yang berbeda pada
saat yang sama.
3.
b. Minikomputer :
adalah bentuk mini dari komputer mainframe dan
banyak digunakan dalam jaringan
jaringan komputer. Komputer ini
jarang dipakai karena lebih fleksibel komputer PC.
c. Mikrokomputer :
jenis komputer paling banyak diggunakan baik di rumah, kantor, lembaga kursus,
sekolah
Yang termasuk
mikrokomputer adalah Personal Computer ( PC ), Note Book( Laptop ) dll.
d. Superkomputer :
komputer yang memiliki kemampuan tercepat dan terbesar, bisa memproses 64 milyar
perintah dalam
satu detik.
Biasanya
digunakan untuk peramalan cuaca, riset, dan dalam pengeboran minyak
B. Jenis komputer berdasarkan bentuk dan
ukuran fisik :
a. Tower :
komputer yang banyak memiliki ruang di
dalamnya dan banyak memiliki tempat
memasang card tambahan dan biasanya di
letkkan di samping atau di bawah meja dan
relatif lebih besar.
b. Destrop ( meja ) :
kompoter yang ukuran sedikit lebih kecil
tower tetapi biasanya diletakkan di atas meja.
c. Portable ( mudah dibawa )
adalah komputer sedikit lebih kecil dari
destrop, karena bagiannya dapat dirangkai menjadi
satu kotak.
d. Notebook ( buku catatan )
komputer ukurannya sebesar
buku catatan atau sama ukuran kertas kuarto dan beratnya
antara 4 – 6 kgr.
e. Subnotebook :
komputer yang ukurannya ada
diantara Notebook dan Palmtop dan lebih kecil dari
Notebook karena ada perangkat
yang tidak dipasang, biasanya Disk Drive.
f. Palmtop
( Handheld Computer )
komputer yang dapat digenggam
karena ukurannya yang sangat kecil, tidak memerlukan
aliran listrik melainkan
baterai kecil biasanya ukuran AA.
C. Jenis Komputer
berdasarkan data yang diolah :
a. Komputer Analog :
digunakan untuk mengolah data kualitatif,
bekerja secara kontinu dan paralel, biasanya
tidak memerlukan bahasa
perantara.
Contoh : komputer yang
digunakan di rumah sakit untuk mengukur suhu, kecepatan suara,
voltase listrik dll.
b. Komputer Digital :
digunakan
mengolah data kuantitatif ( huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, karakter-
karakter khusus ) biasanya
menggunakan bahasa perantara.
Contoh : komputer PC
c. Komputer Hybrid :
merupakan kombinasi antara
komputer analog dengan digital
Contoh : Facsimile.
D.
Jenis komputer berdasarkan ukuran, kecepatan, dan kemampuannya :
a. Personal
Computer:
Komputer
ukuran kecil dan mempunyai microprosesor lebih dari satu yang berfungsi untuk
menangani pekerjaan khusus .
b. Super Computer :
Mainframe atau super komputer merupakan
komputer yang paling canggih dengan
kemapuan yang sangat andal
dan ukuran ukuran paling besar sehingga membutuhkan
penyimpanan yang besar serta
paling cepat.
Komputer ini digunakan untuk
proyek-proyek besar seperti mendesain pesawat terbang,
menangani data – data bank
dll.
c. Dedicated Computer
Komputer yang dibuat untuk
tujuan tertentu saja, sebagai contoh Video Game
4.
d. Embedded Computer :
Komputer yang berfungsi
sebagai unit kontrol dan ditempatkan di peralatan yang
membutuhkan pengendalian
otomatis.
Contoh : Komputer yang
mempunyai Embedded Computer telepone, videotape recorder,
pendingin ruangan dan juga
mengendalikan penerbangan pesawat, mengendalukan satelit
agar tetap pada orbit, robot
di industri , mengendalikan peluru kendali dll.
Lembar
Kerja Siswa :
1. Jenis Peralatan Teknologi Informasi
Elektronik :
No.
|
Nama Peralatan
|
Cara Kerja Alat
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
1.
2.
3.
4.
|
Telepon Rumah
Hand Phone
Radio
Televisi
|
Ketik no yang mau di
tuju
ketik nomor yang akan dituju
sinyal melalui gelombang elektromanetik
|
Bisa berkomunikasi jarak jauh
Bisa berkomunikasi jarak jauh,Jaringan tanpa kabel bisa
dibawa kemana-mana
Bersifat langsung tanpa proses yang panjang
|
Tidak bisa dibawa kemana-mana
Butuh mengecas
|
2. Macam - Macam Media Komunikasi :
Koran
|
Radio
|
Televisi
|
Jaringan Telepon
|
Jaringan Internet
|
Kompas=Jl pal merah selatan 26-28 jakarta 10270,
Republika=jalan warung buncitraya no 37 jakarta selatan,
Bali post=jl kepunalang 67 denpasar.
|
semeru fm
prosalina fm
|
Trans
Antv
Indosiar
Sctv
Grobal tv
dll
|
telkomsel
indosat
xl
|
venus
flash
spedy
|
5.
3.Perangkat
Ker`s Komputer
No.
|
Nama Perangkat
|
Kegunaan
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
Keyboard
Monitor
HARD DIKS
CPU
FLOPPY DISK DRIVE
PRINTER
CD-ROM/RW DAN DVD ROM/RW
MOUSE, JOYSTICK, dan TRACK BALL
|
Mesin ketik dengan beberapa tombol
Untuk melihat hasil pengelolahan data oleh komputer
Untuk menyimpan data yang berkapitas tinggi
Untuk mengatur dan memproses seluruh kerja computer
Untuk membaca dan menulis data pada distek
Untuk mencetak hasil pengelolahan data computer pada suatu
media misalnya kertas
Media penyimpanan data terbuat dari bahan dasar film
metalik lapisi plastik polikarbonat yang sensitive sinar laser.
Peralatan yang memberi
|
Syt.-2011/2012
6.
Standar Kompetensi :
1. Memahami penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi
dan prospeknya di masa
mendatang.
Kompetensi Dasar : 1.1.
Mengidentifikasi
berbagai peralatan teknologi informasi dan
Komunikasi
a.
Menguraikan sejarah perkembangan komputer
b.
Menguraikan sejarah perkembangan internet
Kelas / Semester
: VII / Gasal
RINGKASAN MATERI :
A. Pendahuluhan :
Kebutuhan manusia sangat komplek dalam
memenuhi kebutuhannya maka agar
terpenuhi dalam
waktu singkat berbagai alat diciptakan
untuk membantu mendapatkan informasi yang dibutuhkan
dengan cara mudah, cepat dan aman.
B. Sejarah perkembangan Teknologi
Informasi dan Komunikasi :
Informasi dan komunikasi adalah dua
hal yang saling berkaitan bagi manusia
untuk memenuhi
kebutuhannya . Informasi itu akan didapat jika manusia itu berkomunikasi dengan manusia
lain.
Permasalahannya adalah batas
ruang dan waktu antara manusia yang membutuhkan dan yang
memiliki informasi. Hal inilah yang
menjadi kunci pokok Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Perkembangan peralatan
teknologi informasi dan komunikasi :
1.
Pada masa lalu manusia hanya menmanfaatkan bahan –
bahan alam secara sederhana untuk dapat berkomunikasi.
Misalnya : menggunakan
asap atau api, membuat kentongan, mengirim prasasti berupa batu, daun-daunan (
lontar ).
2.
Pada masa modern manusia mulai mengenal listrik maka
diciptakan berbagai alat yang dapat
mengubah suara atau tulisan menjadi
sinyal listrik sehingga sinyal tersebut dapat diolah dan
dikirimkan melalui konduktor atau
pengantar listrik , kemudian dari sinyal listrik diubah lagi
menjadi suara atau tulisan yang
dimengerti manusia.
Misalnya : Telegram, Telephone, Radio dan
Televisi
3. Pada masa sekarang adalah masa digital,
semua pealatan dibuat hanya dengan mengenal angka
0 ( nol ) dan 1 ( satu ). Semua
permasalahan dapat diselesaikan dengan kondisi On dan Off.
Komputer sebagai dasar peralatan
teknologi informasi dan komunikasi telah mengubaha cara
manusia berinteraksi .
Misalnya: komunikasi sebelumnya secara
lisan dengan telephone rumah sekarang menggunakan
HP.
C. Sejarah Perkembangan Internet
:
Internet adalah sebuah jaringan
raksasa yang menghubungkan jaringan – jaringan komputer lokal di
seluruh dunia. Jaringan komputer atau Network adalah sekelompok komputer yang
terhubung yang
saling berbagi sumber daya dan data.
Sejarah
singkat Internet :
Tahun 1961 :
Konsep jaringan komputer diperkenalkan di MIT oleh Leonard Kelinrock
dalam
makalahnya yang berjudul “ Information Flow in Large
communication Nets “ tentang jaringan – jaringan Pakcet Switching.
Tahun 1970 : ARPA
( Advanced reserarch Project Agency ) milik Departemen Pertahanan
Amerika Serikat yang
didrikan pada tahun 1958 membuat jaringan internet
pertama dikenal ARPAnet semula
menghubungkan 4 komputer di
Tahun 1971 : mulai
diperkenalkan File Transfers Protocol ( FTP )
Tahun 1972 : Ray
Tomlinson membuat perangkat lunak SNGMSG dan READMAIL yang
memungkinkan pengiriman Email antar komputer.
APRA dirubah menjadi DARPA ( Defense
Advanced Research Projects
Agency )
7.
Tahun 1973 :
ARPAnet mulai dibuka untuk koneksi internasional.
Tahun 1974 : mulai
diperkenalkan TCP ( Transmission Control Protocol )
Tahun 1983 : TCP /
IP ditetapkan sebagai standart koneksi internet menggantikan NCP.
Diperkenalkan DNS ( Domain
Name System ) untuk menggantikan nomor-
nomor IP server.
Tahun 1991 : Tim Berners Lee dan CERN membuat Word Wide
Web ( www )
Tahun 1994 : Seiring
kemajuan hardware dan software komputer membuat Word Wide Web yang memungkinkan
atarmuka grafis semakin mempermudah pengguna umum dan memungkinkan kebebasan
distribusi informasi yang sebelumnya tidak dimungkinkan .
D. Sejarah Perkembangan Komputer
:
1. Sejarah Penemuan Komputer :
Wujud teknologi dan komunikasi antara lain
adalah internet .
Internet merupkan kumpulan komputer –
komputer di seluruh dunia yang terhubung sehingga
dapat saling berbagi sumber daya dan
data. Dengan demikian membahas perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi tidak dapat
lepas sejarah perkembangan komputer.
Komputer dalam bahasa Inggris “ Computer “ dari bahasa latin Computare
yang berarti
menghitung.
Pada dasarnya komputer dapat didefinisikan
sebagai sesuatu pemroses data yang dapat melakukan
perhitungan besar dan cepat, termasuk
perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur
tangan manusia.
Sejarah Singkat Perkembangan Komputer :
a. Pra Sejarah :
1.
Abacus, adalah alat hitung sederhana
yang ditemukan di Babylonia ( Irak ) 4 abad
sebelum masehi. Sistim perhitungan Arab diperkenalkan ke eropa pada abad 8 M,
dengan memperkenalkan konsep Nol ( 0 ), angka puluhan, ratusan dan ribuan.
2.
Pada tahun 1617, John Napier dari Scotlandia
menciptakan alat penghitungan untuk perkalian dengan menggunakan tabel bujur
sangkar yang terdiri dari 9 baris X 9 kolom yang berisi angka 1 samapi angka 9
yang dikenal dengan “ Napier Bones “
3.
Tahun 1623 , Wilhelm Schickard membuat kakulator
mekanik pertama yang dapat bekerja dengan 6 digit.
4.
Tahun 1642 , Blaise Pascal membuat kalkulator
mekanik dengan kapasitas 8 digit yang dikenal dengan “ Pascal,s Arithmetic Machine “.
5. Tahun
1674 , Leibnitz dan Samuel Morland menciptakan mesin
hitung yang dapat digunakan untuk perkalian dan pembagian yang dikenal dengan
nama “ Leibnitz Calculation Machine “.
6. Tahun
1812 , Charles Babbage menciptakan Babbage Calculation Machine.
Mesin
tersebut digunakan sebagai dasar dari komp[uter saat ini, yang telah
memperkenalkan penyimpanan data hasil perkalian yang akan digunakan untuk
operasi selanjutnya dan alat ini dapat menghitung logaritma dan trigonometri
secara otomatis.
7.
Tahun 1835, Lady Ada Augusta Lovelace yang bekerja pada
Charles babbage membuat
progam
komputer pertama pada mesin Analytical Engine.
Beliau menjelaskan fungsi – fungsi Loop
dan Subroutine.
8.
Tahun 1980 , Herman Hollerith dari Biro Sensus Amerika
berhasil menciptakan mesin
Punched card Counting yang menggunakan
punch card ( kartu perforasi ) sebagai
media datanya. Penemuan punch card ini
merupakan penemuan gemilang dalam
sejarah komputer sehingga Herman
Hollerith dijuluki sebagai Bapak Komputer
Modern
8.
b. Elektronik :
1.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insiyur Jerman
membuat kalkulator yang dapat
diprogam .
2.
Tahun 1943, Colossus , komputer Inggris yang digunakan
untuk memecahkan kode.
3.
Tahun 1944, Howard Aiken, dari Harvard University
yang bekerjasama dengan International
Businnes Machine ( IBM ) berhasil membuat sebuah mesin komputer yang mampu
melaksanakan serentetan operasi aritmatika secara otomatis.
Mesin ini
dinamakan Mark I dan dapat dikatakan sebagai komputer pertama yang diciptakan
manusia.
4.
Tahun 1946, ENIAC ( Electronic Numerical Integrator Analyser
and Computer )
dikembangkan oleh Ballistics
Research Laboratory
pada University
of Pennsylvania
.
5.
Tahun 1950, Dr. John Von Nueman membuat komputer dengan
nama EDVAC
6.
( Electronic
Descrete Variabel Automatic Computer ). Komputer komersial pertama di jual oleh
Sperry Rand Corporation pada tahun 1949 dengan nama UNIVAC 1
7.
( Universal
Automatic Computer )
8.
Tahun 1959, Texas Instrumen dan Fairchil Semiconductor
mengembangkan Itegrated
Circuit ( IC )
2. Perkembangan Hardware :
Sejarah perkembangan Hardware atau perangkat keras komputer dapat
dikelompokkan dalam
beberapa generasi, yaitu :
1.
Komputer Generasi Pertama :
Komputer
generasi pertama dikembangkan pada saat perang dunia ke dua.
Ciri – ciri
komputer generasi pertama antara lain :
1.
Menggunakan tabung hampa udara ( Vaccum tube ).
2.
Memorinyan menggunakan Magnetic Core Storage
3.
Masih menggunakan bahasa mesin ( Machine Language )
4.
ukuran fisiknya besar
5.
Kecepatan proses lambat
6.
Cepat panas
7.
Membutuhkan listrik yang besar
8.
Menggunakan konsep Stored
Progam
Yang termasuk
komputer generasi pertama adalah :
1.
UNIVAC 1 , UNIVAC
II ( oleh Sperry Rand )
2.
ENIAC ( dibuat oleh Dr. John W. Maunchly )
3.
Mark I, Mark II , IBM 702, IBM 704 , IBM 709 ( dibuat oleh IBM )
4.
SEC ( Simple Electronic Computer ) , dibuat oleh
Electronic Laboratory of Birkbeck College
5.
Datamatic 1000 ( dibuat oleh Honeywell )
6.
NCR 102A , NCR 102D ( dibuat oleh National Cash
Register ) dll.
2. Komputer Generasi Kedua :
Ciri – ciri komputer generasi kedua
adalah :
1.
Telah menggunakan transistor sebagai pengganti vaccum tube
2.
Tidak cepat panas
3.
Membutuhkan listrik lebih sedikit
4.
Kecepatan proses meningkat
5.
Memori yang digunakan lebih besar.
6.
Ukuran fisiknya lebih kecil dari pada komputer generasi
pertama.
7.
Menggunakan bahasa tingkat tinggi ( COBOL, FORTRAN ).
8.
Sudah dapat digunakan untuk real time ( informasi dapat
diperoleh dalam sekejap ) dan time sharing ( komputer dapat digunakan
bersama-sama dan dapat membagi waktu untuk tiap pemakai )
9.
Yang termasuk komputer generasi kedua antara
lain :
1.
UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107, (
dibuat Sperry Rand )
2.
IBM 7070, IBM 7080, IBM 1600, ( diabuat oleh IBM )
3.
Honeywell 400, dan Honeywell 800 ( diabuat Honeywell )
4.
Burrouhgs 200 ( dibuat oleh Burroughs ).
5.
NCR 300, (
dibuat National Cash Register )
6.
GE 635, GE 645 dan GE 200 ( dibuat oleh General
Electric )
3.
Komputer Generasi ketiga :
Pada komputer
generasi ketiga terjadi penyempurnaan komponen dan tampilan komputer.
Ciri – ciri
komputer generasi ini antara lain :
1.
Komponen transistor dikembangkan menjadi IC (
Integrated Circuit ) dalam bentuk Hybrid
Integrated
Circuits atau Solid Logic Technology
( SLT )
2.
Kecepatan proses semakin cepat
3.
Membutuhkan listrik lebih hemat.
4.
Memory yang digunakan lebih besar.
5.
Telah menggunakan media penyimpanan luar yang bersifat random access yaitu magnetik disk yang
berkapasitas besar.
6.
dapat digunakan untuk multi processing dan multi
progamming.
7.
telah dibuatnya alat input – output dengan menggunakan
visual display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan
mengeluarkan suara dan telah menggunakan alat pembaca tinta magnetic MICR (
magnetic Ink Character Reader ).
Yang
termasuk komputer generasi ketiga adalah :
UNIVAC 1108,
UNIVAC 9000, Burroughs 5700, Burroughs 6700, GE 600, GE 235, CDC 3000, CDC 6000, CDC 7000, PDP-8
dan PDP-11.
4.
Komputer Generasi Keempat :
Tujuan
pengembangan komputer generasi keempat adalah mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik. Komputer ini sudah menggunakan Large Scale
Integration ( LSI ) yang memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.
Kemampuan untuk memasang banyak komponen dalam chip telah mendorong menurunnya
harga komputer dan dapat juga meningkatkan daya kerja, efisien dan keterandalan
komputer.
Ciri lain yang dimiliki komputer generasi
keempat adalah dikembangkannya komputer mikro
yang menggunakan micro processor dan
semi conductor yang berbentuk chip untuk memory
komputer.
Yang termasuk komputer generasi
keempat : IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/AT,
IBM PS/2, IBM PC/386,
IBM PC/486 , Pentium, Pentium II,
Pentium III, Pentium IV,
AMD K6, dan Athlon.
Sedangkan generasi selanjutnya masih
dalam pengembangan dan komponen yang
dikembangkan VLSI ( Very Large Scale
Integration ) . komputer dikembangkan kepada
komputer yang dapat menterjemahkan
bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia dan
dapat melakukan diagnosa penyakit
dengan lebih akurat. Selain itu komputer ini juga
diramalkan dapat berpikir seperti
manusia yaitu dengan terwujudnya materi kecerdasan buatan
( Artificial intelligent )
10
LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) :
Sejarah Perkembangan
Perangkat Keras atau Hardware Komputer :
No.
|
Masa
Perkembangan
|
Ciri
– ciri komputer
|
Contoh
Komputer
|
1.
|
Komputer Generasi Pertama
|
a. ………………………………………………
b. ………………………………………………
c. ………………………………………………
d. ………………………………………………
e. ………………………………………………
f. ………………………………………………
g. ………………………………………………
h. ………………………………………………
|
…………………...
...............................
…………………...
…………………...
|
2.
|
Komputer Generasi Kedua
|
a. ………………………………………………
b. ………………………………………………
c. ………………………………………………
d. ………………………………………………
e. ………………………………………………
f. ………………………………………………
g. ………………………………………………
h. ………………………………………………
|
…………………...
...............................
…………………...
…………………...
|
3.
|
Komputer Generasi
Ketiga
|
a. ………………………………………………
b. ………………………………………………
c. ………………………………………………
d. ………………………………………………
e. ………………………………………………
f. ………………………………………………
g. ………………………………………………
h. ………………………………………………
|
…………………...
...............................
…………………...
…………………...
|
4.
|
Komputer Generasi Keempat
|
a. ………………………………………………
b. ………………………………………………
c. ………………………………………………
d. ………………………………………………
e. ………………………………………………
f. ……………………………………………
|
…………………...
...............................
…………………...
…………………...
|
11.
Standar Kompetensi :
1. Memahami penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi
dan prospeknya di masa mendatang.
Kompetensi Dasar : 1.3. Menjelaskan peranan Teknologi Informasi dan
Komunikasi di
dalam
kehidupan sehari – hari
1.4. Mengidentifikasikan berbagai keuntungan dari penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi.
1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan
teknologi informasi
dan komunikasi.
Kelas / Semester
: VII / Gasal
RINGKASAN MATERI :
A. Pendahuluan :
Teknologi merupakan
penerapan dari ilmu pengetahuan yang ada untuk membantu manusia memenuhi
kebutuhannya. Jadi jelas bahwa perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
yang semakin maju akan sangat berpengaruh dalam tata kehidupan manusia sehari –
hari. Teknologi informasi dan komunikasi memegang peranan penting dalam
menentukan aktivitas pemenuhan kebutuhan manusia.
B. Peranan TIK dalam kehidupan sehari – hari :
Manusia hidup memiliki
kebutuhan – kebutuhan yang harus dipenuhi mulai dari kebutuhan pokok sampai
kebutuhan tersier yang hanya berguna untuk memenuhi gengsi seseorang.
Tekonologi informasi dan komunikasi dalam berbagai perwujudannya pada dasarnya
memiliki peranan yang penting, antara lain TIK dapat berperan sebagai sebuah
alat / mesin, sebagai tujuan atau juga sebagai tolok ukur.
Berikut peranan TIK dalam
beberapa bidang kehidupan manusia saat ini :
1. Peranan TIK dalam bidang pendidikan :
a. Berbagai hasil penelitian
b. Konsultasi dengan
pakar
c. Perpustakaan online
d. Diskusi online
e. Kelas online
Keuntungan yang diperoleh para siswa peserta didik dari pemenfaatan
teknologi informasi dan komunikasi :
1. Dapat
mengakses informasi – informasi hasil penelitian orang lain
2. Akses ke
sumber pengetahuan dapat dilakukan dengan lebih mudah
3. Akses ke
para ahli menjadi mudah karena tidak dibatasi oleh jarak dan waktu
4. Materi
pelajaran dapat bisa disampaikan interatif dan menarik
5. Melalui
belajar jarak jauh, kendala biaya dan waktu yang mungkin tidak dapat
dihindari
dengan pendidikan bisa diatasi dengan
pendidikan online.
Keuntungan yang diperoleh bagi penyelenggara
pendidikan :
1. Dapat saling berbagi hasil penelitian
dengan insitusi pendidikan lain
2. Dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta didik
3. Dapat menjangkau pelajar atau mahasiswa yang berada di tempat lain
melalui progam jarak
jauh.
4. Melalui perpustakaan online, biaya untuk menyediakan buku – buku
perpustakaan dapat di
kurangi.
5. Dapat saling berbagi sumber ilmu dengan institusi lain, misalnya
dengan membuat
perpustakaan bersama.
12
2. TIK menunjang bisnis :
Teknologi Informasi dan
Komunikasi mempunyai banyak keunggulan sebagai sumber
informasi dan sarana komunikasi.
Sumber informasi : internet
merupakan sumber informasi yang tak terbatas.
Sarana komunikasi : internet
merupakan alat komunikasi yang dapat mrnyampaikan
informasi dengan sangat cepat, menjangkau seluruh belahan dunia, dan
tidak dibatasi oleh batas – batas hukum dan teritorial sebuah negara.
Contoh
: Bentuk pemanfaatan TIK di dalam dunia bisnis adalah adanya Internet Banking
,SMS Banking, dan
E-commerce.
Internet Banking :
Internet Banking adalah layanan / transaksi perbankan ( pengecekkan
saldo, transfer uang,
dan
pembayaran tagihan ) yang dilakukan dengan menggunakan internet melalui situs
web
yang
disediakan oleh Bank. Sedangkan untuk transaksi penarikan atau penyetoran uang
harus
dilalakukan melalui ATM atau kasir bank.
Bank
yang sukses pertama kali menerapkan Internet
Banking adalah Bank BCA.
Keuntungan
penggunaan Internet bank :
Pihak
Bank :
a.
Jumlah nasabah bank yang datang ke bank semakin sedikit, karena nasabah
melakukan
transaksi di internet.
b. Mengurangi
biaya yang harus dikeluarakan untuk menggaji pegawai dan sewa kantor
karena jumlah pegawai yang melayani nasabah dapat dikurangi dan luas
kantor yang harus
disediakan menjadi lebih kecil.
c. Bank
dapat memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk melakukan transaksi dari mana
saja
( asal koneksi internet )
Pihak Nasabah Bank
:
a. Dari
segi waktu telah menghemat waktu nasabah, dimana nasabah bank tidak perlu
datang
ke
bank untuk melakukan transaksi.
b.
Nasabah dapat keleluasaan dan kemudahan melakukan transaksi dari mana saja dan
kapan
saja.
c.
Berkurangnya biaya untuk melakukan transaksi.
SMS
Banking :
SMS Banking adalah layanan / transaksi (
pengecekan saldo, transfer uang, dan
pembanyaran
tagihan ) perbankan yang dilakukan dengan menggunakan SMS
Keuntungan bagi pihak bank dan nasabah sama penggunaan internet banking.
E-Commerce
:
Electronic Commerce ( E-Commerce ) atau
perdagangan secara elektronik adalah
perdagangan yang dilakukan dengan
memanfaatkan jaringan telekonikasi, terutama
internet.
Keuntungan E-Commerce
bagi Pihak Perusahaan :
a. Perdagangan
secara elektronik memungkinkan perusahaan untuk menjuan produknya
kepada lebih banyak orang.
b. Perusahaan
dapat menjangkau pasar yang lebih luas
c. Perusahaan
tidak perlulagi membuka cabang distribusi
d. Biaya
yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi karena perusahaan tidak perlu
menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak.
e. Harga
barang dapat dijual dengan lebih rendah dan barang lebih banyak laku.
f.
Meningkatnya daya saing perusahaan.
13.
Keuntungan
E-Commerce bagi Pihak Konsumen :
a. Konsumen
tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup melalui internet
b. Konsumen
mempunyai banyak pilihan, karena dapat membandingkan semua produk yang ada di
internet.
c. Pembeli
dapat menghemat waktu dan biaya transportasi dalam berbelanja.
d. Konsumen
dapat membeli barang yang terdapat di negara lain yang mungkin belum terdapat
di dalam negeri.
e. Harga
barang yang dibeli menjadi lebih murah.
3. Peranan
TIK di bidang Pemerintahan :
Pemanfaatan teknologi dan komunikasi dalam
bidang pemerintahan ditujukan untuk meningkatkan hubungan pemerintah, dalam hal
ini lembaga yang bersangkutan dengan pihak – pihak lain.
Keuntungan pemanfaatan TIK dalam bidang
pemerintahan :
a.
Meningkatkan layanan masyarakat.
b.
Meningktkan hubungan antara pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat
karena
informasi lebih mudah diperoleh.
c.
Meningkatkan transparansi pemerintahan, yang dapat menumbuhkan kepercayaan
dari
usaha dan masyarakat.
d.
Tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat.
e. Hilangnya
birokrasi yang selama ini menjadi momok bagi dunia usaha dan masyarakat bila
berhubungan dengan pemerintah.
4. Peranan TIK di
bidang Sosial Budaya :
Perkembangan
TIK pada masa sekarang telah membawa pengaruh yang sangat besar
terhadap
kehidupan sosial budaya masyarakat, misalnya :
a. Jika
dahulu rela berjalan puluhan kilometer agar dapat bercakap-cakap dengan orang
lain,
maka sekarang dapat dilakukan
dengan duduk santai di dalam rumah melalui pesawat
telephone.
b. Dulu
kita memerlukan waktu berhari-hari untuk mengetahui peristiwa yang terjadi di
tempat lain, sekarang dengan memperoleh informasi melalui media
elektronik radio dan
televisi.
c.
Berbagai informasi secara cepat dan akurat dapat melalui internet untuk melihat
bagaimana
bangsa lain memperoleh dan mengolah makanan mereka, cara mereka
berpakian, atau cara
melakukan peribadatan kepada Tuhan mereka dll. Sehingga kita dapat
meniru atau
menyerap kebudayaan-kebudayaan tersebut menjadi budaya dan cara hidup
kita.
5. Peranan
TIK di bidang Politik :
Peranan TIK dalam bidang politik juga
berpengaruh sangat besar , misalnya :
a.
Dengan sarana TIK para calon pemimpin dapat menyampaikan kampanye dengan cara
yang lebih mudah dan sasaran lebih jauh dan luas
b.
Terlepas dari kecurangan yang ada TIK secara nyata telah membantu dalam proses
pemilu
lebih cepat dan akurat.
c.
Proses demokrasi juga sangat terbantu dengan berkembangnya TIK karena setiap
orang
menerima atau menyampaikan pendapatnya secara bebas.
6.
Peranan TIK di bidang Keamanan :
Dengan
komunikasi yang cepat, TIK juga sangat membantu dalam menjaga keamanan dan
ketertiban masyarakat , misalnya :
a. Berbagai
kekacauan yang terjadi di masyarakat dapat segera ditangani dan diatasi oleh
pihak berwenang setelah ada laporan dari pihak terkait dimana sedang
terjadi kerusuhan /
kejahatan. Identitas para pelaku
kejahatan akan segera disebarluaskankepada masyarakat
untuk mencegah para penjahat melarikan diri lebih jauh.
14
7. Peranan
TIK di bidang Kesehatan :
Teknologi informasi
juga diaplikasikan pada bidang medis. Banyak rumah sakit yang
menggunakan sistim
informasi untuk menangani transaksi yang berhubungan dengan
karyawan, juru medis, dan pasien.
Misalnya untuk mencatat rekaman medis
pasien secra elektronik ataupun untuk mencari
informasi tentang seorang pasien.
Teknologi informasi juga diterapkan
pada peralatan-peralatan medis, misalnya pada CT
Scan ( Computer Tomography ), CT Scan
adalah peralatan yang mampu memotret bagian
dalam dari seseorang tanpa dilakukan
pembedahan, yakni dengan menggunakan teknologi
sinar X.
C. Keuntungan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi :
Keuntungan yang
dapat diperoleh dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
antara lain
adalah … .
1. Memperkaya
Kebudayaan :
Dengan
terbukanya jalur globalisasi, maka orang dapat mengetahui kebudayaan-kebudayaan
bangsa
lain tanpa melalui proses sensor. Dengan
demikian orang bebas untuk memilih
kebudayaan
mana yang akan diikuti dan mana yang ditinggalkan .
Penggunaan
TIK akan dapat memperkaya khasanah kebudayaan – kebudayaan yang telah ada.
2. Dalam bidang sosial, TIK
memudahkan orang dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi.
Manusia sebagai makluk sosial
akan selalu membentuk komunitas yang sesuai dengan kepentingannya dan selalu
berkomunikasi . Dengan bantuan peralatan TIK seperti telephone atau internet,
orang dapat berkomunikasi dari mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja yang
ia inginkan. Semua informasi dapat dikirim dan diterima dalam berbagai bentuk
suara, gambar, data, teks, maupun kombinasi dari semua itu.
3. Dalam bidang ekonomi :
Dalam bidang
ekonomi penggunaan TIK secara nyata telah membantu memperlancar dan
mempermudah
kegiatan ekonomi. Proses transaksi jual beli dapat dilaksanakan dengan lebih
cepat dan
akurat.
4. Mendorong tumbuhnya proses demokrasi dalam
dunia politiki :
Peran TIK
dalam proses demokrasi tidak terbatas pada wahana penyamaan persepsi saja
melainkan
lebih banyak dari itu. Dalam proses kritis yang menjadi acuan adanya demokrasi,
TIK
membuktikan
diri memberi kontribusi besar dalam proses pemilu di Indonesia . Penggunaan TIK
dalam proses
penghitungan suara , proses pendaftran partai politik, pendaftaran calon
pemilih,
seleksi partai
yang layak peserta pemilu, kampanye, pengelolaan organisasi partai politik,
pendaftran dan
proses administrasi calon legistatif.
5. Memperbaiki Kualitas Pendidikan :
TIK dapat
dimanfaatkan dalam pendidikan jarak jauh atau sering disebut dengan istilah e-
Learning yang
dapat mengurangi kesenjangan pendidikan antara negara maju dan negara
berkembang.
6. Menigkatkan layanan keamanan
Penggunaan TIK
dapat membantu mewujudkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.
Semakin mudah
dan cepatnya masyarakat menghubungi petugas keamanan jelas sangat
membantu
mengatasi kekacauan atau kejahatan yang sedang terjadi di masyarakat.
7. Meningkatkan layanan informasi kesehatan
jarak jauh
Melalui
bantuan TIK, kesehatan merupakan salah satu bidang yang paling menjanjikan
untuk
ditingkatkan
dalam menfasilitasi konsultasi, diagnosa
dan pengobatan jarak jauh di negara –
negara
berkembang. Misalnya dokter di tempat terpencil dapat memanfaatkan TIK untuk
memperoleh
ketrampilan dan pengalaman profesional teman sejawatnya dari lembaga rujukan di
perkotaan.
8. Keuntungan penggunaan TIK dalam
bidang-bidang lain
TIK membawa
pengaruh pada bidang lain – bidang lain seperti pertanian. TIK dapat memberikan
informasi yang
berharga kepada para petani dalam bentuk pemeliharaan tanaman dan hewan,
pemberian
pupuk dan pakan hewan, pengurangan dampak kemarau, pemberantasan hama .
Irigasi,
ramalan cuaca, sumber benih dan harga pasaran.
15
D. Dampak Negatif Teknologi Informasi dan
Komunikasi :
1. Pelanggaran hak cipta :
Pengertian
hak cipta menurut UU No. 19/2002, Bab I Pasal 1 Ayat 1 : hak cipta adalah hak
eksklusif
bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya
atau memberi
ijin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut
peraturan
perundang-undangan yang berlaku.
2. Sanksi
pelanggar hak cipta :
Barang siapa
dengan sengaja menyiarkan dan memperbanyak suatu ciptaan yang bukan
ciptaanya maka akan dipidana dan
denda.
3. Bentuk – bentuk
kejahatan di internet
4. Penyebaran
Virus komputer
- Menghabiskan
waktu dan tenaga karena harus menginstall ulang progam-progam yang rusak
- Keluarnya
biaya untuk penggantian hardware akibat rusaknya hardware karena virus.
- Kerugian
yang tidak dapat diperhitungkan akibat dari hilangnya data-data.
5. Pornografi,
perjudian dan penipuan
-
Dimanfaatkannya TIK untuk penyebaran gambar/ film porno.
-
Dimanfaatkannya TIK untuk bisnis perjudian
-
Dimanfaatkannya TIK untuk melakukan penipuan baik lewat internet, telephone,
maupun SMS
HP
16
Standar Kompetensi : 2. Mengenal Operasi dasar Peralatan Komputer.
Kompetensi Dasar : 2.1.
Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
a.
Menyebutkan komponen – komponen dasar
komputer
b.
Menjelaskan dasar sistim kerja komputer
c.
Menjelaskan langkah proses booting atau mengaktifkan komputer.
d.
Mengaktifkan komputer sesuai prosedur yang
benar
e.
Menjelaskan cara aman dan nyaman menggunakan
komputer
Kelas / Semester
: VII / Gasal
RINGKASAN MATERI :
A. Pendahuluan
Komputer merupakan suatu rangkaian peralatan
elektronik yang terdiri dari komponen Brainware,
Hardware dan Solfware yang bekerja bersama-sama secara otomatis melalui
instruksi ( progam ) yang diberikan dan alat pengolah data menjadi informasi
melalui proses tertentu.
Ketiga komponen tersebut
melakukan proses Input data, Processing
dan Output yang berupa produk
informasi.
Komputer sebagai produk teknologi memiliki
keunggulan antara lain :
- Mampu mengakses dengan cepat dan tepat.
- Menghasilkan informasi darai data yang lampau.
- Mampu memproses data yang sangat besar menjadi informasi.
- Mampu menyimpan data yang sangat banyak.
- Mampu melakukan importing dan eksporting data yang dirancang secara khusus.
B. Komponen –
Komponen Komputer :
Komputer adalah sebuah sistim dan sebuah
sistim tidak akan berfungsi tanpa kerjasama di antara komponen – komponen yang
menjadi sub sistim tersebut.
Komponen dasar yang terdapat pada sistim
komputer terdiri dari :
1. Hardware :
Hardware merupakan perangkat keras
yang terdapat pada sistim komputer, terdiri beberapa
bagian yaitu :
a. Alat input : Keyboard, Mouse , Mikrofon , Lightpen dan lain – lain.
b. Alat proses : CPU ( Central Processing Unit ) dan media penyimpanan
c. Alat output : Monitor , Printer , Plotter.
2. Solfware :
Solfware merupakan perangkat lunak atau
suatu progam yang berisi instruksi-instruksi yang
ditulis dalam bahasa komputer yang
dimengerti oleh hardware komputer.
Pada dasarnya solftware dibedakan
menjadi :
a. Solfware Operating System antara
lain digunakan untuk :
- Interpreter : menterjemahkan perintah solfware
aplikasi sehingga dimengerti oleh
Harware.
- Configuration Hardware : mengenal pheriperal
- Management File :
pengelolaan file / data.
Contoh Solfware sistim operasi
adalah : DOS, Mikrosolf Windows, UNIX / LINUX.
b. Solfware Aplikasi : solfware ini
antara lain digunakan untuk mengolah data elektronik.
Banyak solfware aplikasi
ditawarkan di pasaran, namun kita dapat mengelompokan solfware
aplikasi menurut kegunaannya :
- Solfware untuk pengolahan
kata.
- Solfware untuk pengolahan
angka
- Solfware untuk pengolahan data
statistik
- Solfware untuk pengolahan
database
- Solfware untuk menggambar
teknik
- Solfware untuk pengolahan
gambar
- Solfware bahasa pemrogaman
untuk membuat aplikasi sendiri.
17
3. Brainware
Brainware atau perangkat pikir yaitu
orang yang menggunakan komputer.
Yang termasuk Brainware adalah
User
/ operator yaitu orang yang mampu mengoperasikan komputer dan
Administrator
yaitu orang yang mengatur / merancang sistim kerja, urutan kerja, pengelolaan
data sampai dengan output.
C. Sistim Kerja Perangkat Komputer :
Hardware atau perangkat keras komputer
terdiri tiga bagian
pokok, yaitu Input Device, Process
Device dan Output Device
merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan sebuah komputer
dengan teknologi canggih.
Dasar kerja sebuah
sistim komputer adalah pertama kali data atau instruksi dimasukkan
melalui
Peralatan input seperti
keyboard atau mouse dan disalurkan
ke dalam memori pada alat prose.
Dari memori tersebut data
atau instruksi dikerjakan dengan Arithmetic
and Logic Unit (ALU)
Sesuai dengan instruksi dan
dikontrol dengan unit kontrol apakah hasil tersebut sudah benar atau belum .
Pada control unit instruksi tersebut akan menampilkan informasi data kemana ?
ke monitor, printer atau alat output yang lainnya. Setelah dikontrol pada control unit dan dilaksanakan pada ALU
data atau instruksi tersebut dimasukkan kembali ke memori dan dikeluarkan ke Output Device.
D. Kesehatan dan Keselamatan Kerja :
Sebelum menggunakan komputer untuk
melakukan pekerjaan kita ada beberapa hal yang perlu
dilakukan untuk membantu mewujudkan
keamanan dan kenyamanan dalam pengguna komputer :
1. Aturlah
posisi tubuh kita saat bekerja dengan komputer sehingga kita merasa nyaman.
2. Aturlah
posisi perangkat komputer dan ruangan sehingga memberi rasa nyaman bagi kita.
3. makan,
minum, dan beristirahatlah yang cukup. Jangan menahan desakan untuk buang air
karena terlalu asyik bekerja dengan komputer.
4. Gerakkanlah
badan untuk mengurangi ketegangan otot adan pikiran, dan olah raga secara
teratur.
5. sesekali
alihkan pandangan untuk menyegarkan mata.
E. Pengaturan Perangkat Komputer :
1.
Mengatur posisi Tubuh :
a. Posisi
kepala dan leher :
Pada saat bekerja dengan komputer,
posisi kepala dan leher kita harus tegak dengan wajah
menghadap langsung ke monitor.
Leher tidak boleh membungkuk atau menengadah karena
hal ini dapat
menyebabkan sakit pada leher.
b. Posisi
punggung :
Posisi punggung tegak, tidak
miring ke kiri atau kanan, tidak membungkuk dan tidak
bersandar terlalu miring ke
belakang.
c. Posisi
pundak :
Posisi punak tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke
bawah.
d. Posisi
lengan dan siku :
Posisi lengan yang baik adalah
apabila kita berada di samping badan dan siku kita membentuk
sudut tidak lebih besar dari 90
derajat.
e. Posisi
kaki :
Kaki kita harus diletakkan di lantai atau
sandaran kaki dengan seluruh tapak kaki menyentuh
lantai dan siku kaki yang
membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat. Kaki juga harus
dapat digerakkan dengan bebas,
menjulurkan kaki sesekali untuk mempelancar aliran darah
dan mengurangi kelelahan.
18
2. Mengatur Posisi Komputer :
a. Posisi monitor :
Bagian
tubuh yang sangat dipengaruhi oleh posisi monitor adalah mata dan leher.
Cara
pengaturan layar monitor :
≈ Letakkan monitor sedemikian rupa di ruangan
sehingga layar monitor tidak memantulkan
cahaya
dari sumber cahaya lain.
≈ Letakkan monitor lebih rendah dari garis
horizontal mata.
≈ Aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu
terang dan tidak terlalu gelap
≈ Sering – seringlah mengedipkan mata untuk
menjaga agar mata tidak kering.
b. Posisi Keyboard :
Penyakit
yang sering muncul pengaruh posisi keyboard adalah nyeri otot dan tulang.
Cara
pengaturan keyboard :
Җ Harus lebih rendah dari meja dimana monitor
diletakkan dan lebih tinggi dari pinggang
bawah.
Җ Letakkan keyboard tepat dihadapan kita (
tidak terlalu jauh ) dan segaris dengan layar
monitor.
c. Posisi Mouse :
↔ Letakkan mouse di sebelah kanan keyboard
↔ Letakkan mouse tidak bolah terlalu jauh dari
jangkauan kita
d. Posisi meja dan kursi komputer :
Meja komputer yang baik adalah meja yang
dilengkapi dengan laci untuk menempatkan
Keyboard
dan Mouse, juga dilengkapai dengan sandaran kaki, tiggi meja sekitar 55 – 75
cm,
disesuaikan dengan ukuran kursi dan juga tinggi badan penggunanya.
Kursi yang baik adalah kursi yang dapat
mengikuti lekuk punggung , memiliki sandaran dan
tingginya
bisa diatur.
e. Posisi Printer :
Hindarilah
printer yang memiliki kebisingan tinggi karena dapat mempengaruhi syaraf
manusia
dan berakibat pada kelelahan maupun rasa nyeri.
F. Cara Menghidupkan
dan Mematikan Komputer :
Langkah –
langkah untuk menghubungkan perangkat –
perangkat komputer dengan cara yang
benar dan aman adalah :
1. Hubungkan
kabel mouse dan keyboard ke colokan yang sesuai di chasis
2. Pasang
kabel ( daya dan data ) monitor
3. Hubungkan
perangkat – perangkat lain ( printer,
speaker ) jika ada.
4. Hubungkan
kabel power pada chasis dengan stabilizer.
5. Hubungkan
kabel stabilizer dengan listrik.
Komputer siap dihidupkan :
1. Hidupkan
stabilizer
2. Tekan
tombol Power di chasis, komputer mulai dijalankan
3. bila
komputer meminta login username dan password, masukan username dan password tsb
Langkah – langkah untuk
mematikan komputer dengan cara yang benar adalah :
1. Akhiri
semua progam yang sudah dijalankan
2. Gerakkan
pointer mouse ke atas tombol start.
3. Klik
di tombol start tersebut, menu start akan ditampilkan
4. klik
Turn Off komputer. Kotak dialog Turn Off
akan ditampilkan
5. Klik
tombol Turn Off. Komputer keluaran terbaru akan langsung mati secara otomatis.
Namun bila komputer keluaran
lama, maka tunggulah sampai pesan It,s to
Turn Off Your Computer .
6. Matikan
stabilizer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar